Kingdom Hearts 2

Wow....Kingdom Hearts 2 (KH2) bener-bener keren banget! Kayaknya Square Enix bener-bener all out ngerjain game ini. Semua aspek di dalam game ini dikerjakan dengan sempurna, mulai dari storyline, gameplay, grafis, music...semuanya saya kasih nilai 9 deh! Yang pertama dari storyline, nerusin konsep prekuelnya yang mempertemukan karakter Disney dengan Square, menurut saya masih menjadi daya tarik utama game ini. Banyak sih yang bilang kalo konsep ini terlalu dipaksain, dan hanya merupakan akal-akalannya Square untuk meraup untung. Tapi apapun itu, buat saya justru karena konsep inilah saya membeli game ini hehehe...

Apalagi bagi penggemar DIsney dan Final Fantasy seperti saya, setiap pertemuan dengan karakter baru, baik karakter Disney maupun Square, selalu memberikan kesan tersendiri dan membuat sedikit bernostalgia (saat main KH2, saya sering banget ngomong "Lho ketemu si ini!! .Wah ketemu si itu!!"). Lalu untuk storyline utama KH2 sendiri, yang nyeritain Sora, Rikku, dan Organization, memang cukup kompleks. Memainkan game ini pada dua jam pertama (waktu kita jadi Roxas) membuat saya serasa seperti memainkan Xenogears, lengkap dengan munculnya event-event flashback sepotong-sepotong dan karakter misterius yang membingungkan. Apalagi kalo sama sekali tidak mengikuti cerita Kingdom Hearts : Chain of Memories di GBA, pasti tambah bingung sama sekali. Tapi overall ceritanya bagus, khas Square dengan bumbu-bumbu intrik pengkhianatan (lawan jadi kawan dan kawan ternyata lawan), perseteruan banyak pihak dengan kepentingan sendiri-sendiri, namun tetap mengutamakan pada esensi pengorbanan dan persahabatan.

Cuman pertemuan dengan Cloud buat saya tidak sebagus di prekuelnya, Kingdom Hearts (KH). Cloud di KH2 sudah yang versi FF Advent Children, sudah banyak ngomongnya, yang menurut saya malah bikin dia ga begitu misterius lagi. Belum lagi pertemuan Cloud dengan Sephiroth yang ikut diceritain di tengah-tengah cerita pertarungan melawan Heartless, terkesan dipaksain banget, malah bikin keduanya ga keren lagi. Saya lebih suka Cloud yang di KH, yang di situ jadi petarung bayarannya Hades, yang dieeeeem aja gak pernah ngomong satu kata pun, yang waktu ketemu berpapasan dengan Sora cuman liat-liatan aja, tapi langsung lawan dia di arena Colosseum-nya Hercules. Kereeeen......Trus event ketemuan dengan Sephiroth juga lebih bagus di KH. Bener-bener bikin kaget setengah mati waktu iseng2 ikut turnamen di Colosseum, ga taunya musuh terakhirnya Sephiroth! Misterius banget, kereeeeen......Kalo di KH2 Sephiroth malah sempat ngobrol sama Sora. Speaking of Sephiroth, ada ga sih yang bisa ngalahin Sephiroth di game ini? Kayaknya mustahil banget, kena tiga pukulannya langsung game over, bener-bener ga bisa bertahan lebih dari 15 detik! Emang kalo bisa ngalahin Sephiroth dapat bonus apa ya?

Gameplay KH2 juga dikembangkan dari prekuelnya, nggak membosankan. Ada dunia khusus mini game seperti Under The Sea-nya Little Mermaid yang isinya full musikal dengan gameplay mirip game American Idol, lalu mini game di dunianya Winnie The Pooh yang isinya cuman ngebantuin Winnie buat ngembalikan ingatannya. Cerita di setiap dunia juga dibuat singkat, dengan dungeon yang singkat pula, jadi nggak membosankan. Namun tetap menarik karena setiap dunia harus dikunjungi dua kali dengan cerita yang berbeda pula.

Untuk grafisnya, two thumbs up deh! Apalagi waktu di dunia Pirates of The Caribbean, wajahnya Johnny Depp bener-bener nempel di karakter Jack Sparrow! Tapi yang paling saya suka, desain menu interfacenya keren abis deh. Menu action di setiap dunia berbeda-beda, seperti themes ponsel yang bisa diganti, sesuai dengan tema dunia saat itu. Kreatif banget! Lalu untuk musicnya..four thumbs up!!!! Voice actingnya luar biasa, dengan nama-nama artis terkenal yang menjadi pengisi suaranya setahu saya ada Mena Suvari, Rachael Leigh Cook, Cristopher Lee, banyak banget deh yang laen (Square sama Disney mbayar berapa yah buat mereka?) Tapi untuk original soundtracknya saya lebih suka prekuelnya (SImple and Clean-nya Utada Hikaru)...lagu itu bener2 berkesan banget, terutama waktu intro KH (coba waktu menu utama KH jangan kamu pencet apa-apa, tunggu sampe intronya main. Alunan Simple and Clean versi orchestra bener-bener bagus!)

Well, kesimpulannya...buat penggemar RPG PS2, KH2 adalah salah satu a must play title deh! Kalo FF XII ga dirilis tahun ini, saya ngejagoin KH2 jadi game of the year PS2 2006 =)

 
     
 

 

Games
 
Kingdom Hearts 2

 

 

 

 

 

 

 

nbrahmantyo © 2006